STRATEGI PEMASARAN ANYAMAN PURUN DAN BAMBU PRODUKSI KAMPUNG MERANJAT SUKAMULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG
Abstract
Pergerakan ekonomi suatu negara merupakan hasil kolaborasi sinergis antara Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah bertanggung jawab untuk menetapkan aturan yang mendukung kegiatan ekonomi, sekaligus memastikan implementasi aturan tersebut berjalan dengan baik. Sebaliknya, masyarakat juga memiliki peran penting dalam mendukung kebijakan Pemerintah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Penelitian ini berfokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Kampung Meranjat Sukamulya, Kecamatan Sematang Borang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola produk lokal berupa anyaman dari bahan baku purun dan bambu, melalui pengenalan strategi pemasaran yang efektif. Strategi yang diberikan mencakup pendekatan pemasaran secara online dan offline, dengan penekanan yang lebih besar pada pemasaran online sebagai respons terhadap perkembangan teknologi dan potensi pasar digital.
Sosialisasi melibatkan pemberian arahan mengenai pemanfaatan platform digital, seperti media sosial, marketplace, dan situs web, untuk memperluas jangkauan pasar produk anyaman. Selain itu, masyarakat juga dibekali dengan teknik dasar branding, fotografi produk, hingga strategi copywriting untuk menarik konsumen. Pada sisi pemasaran offline, diberikan pelatihan mengenai pengemasan yang menarik, keterlibatan dalam pameran produk, dan strategi jaringan dengan pelaku usaha lokal lainnya. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk anyaman di pasar, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian regional. Dengan adanya dukungan dari Pemerintah dan komitmen masyarakat dalam memanfaatkan hasil pelatihan ini, penelitian ini dapat menjadi model implementasi pengembangan ekonomi kreatif berbasis masyarakat.
References
BPS. (2022, February 17). Tenaga Kerja. Retrieved from Badan Pusat Statistik Web site: https://www.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html#subjekViewTab3
KBBI. (2021, October 21). Target. Retrieved from KBBI Website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/target
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. London: Pearson .
Kotler, P., & Cox, K. (2016). Manajemen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Laksana, F. (2019). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu .
Nadina. (2022, March 30). Definisi Kraftangan. Retrieved from SCRIBD: https://www.scribd.com/doc/67053347/Definisi-Kraftangan
Sahabatnesia. (2016, January 21). 3 Cara Mudah Membuat Anyaman, Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Mendunia. Retrieved from Sahabatnesia: https://sahabatnesia.com/cara-membuat-anyaman-kertas/
Satudata. (2021, Juni 17). Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang. Retrieved from Satudata Web site: https://satudata.palembang.go.id/uploads/44989820210210061530.pdf
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Trisnawati, L., & Heppy, A. (2020). Kelurahan Sukamulya. Palembang: Tribun Sumsel.
Wulandari, L., & Dinayanti, E. (2020, September 9). Begini Proses Mengolah dan Mewarnai Tanaman Purun Sebelum Dianyam Menjadi Sebuah Tas. Retrieved from Tribunbanjarmasin.com: https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/09/09/begini-proses-mengolah-dan-mewarnai-tanaman-purun-sebelum-dianyam-menjadi-sebuah-tas
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work