OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PRODUKSI TEMPE BAPAK SUARDI DI TALANG KERAMAT BANYUASIN SUMATERA SELATAN

  • Ria Astri Yani Universitas IBA
  • Sri Ermeila Universitas IBA
  • Asma Mario Universitas IBA
Keywords: Strategi Pemasaran, Merek Produk, Usaha Tempe Rumahan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas pelaku usaha produksi tempe milik Bapak Suardi dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Saat ini, usaha produksi tersebut masih belum memiliki merek maupun logo, sehingga belum memiliki identitas produk yang kuat di pasar. Melalui kegiatan ini, pelaku usaha diberikan edukasi mengenai pentingnya merek, langkah-langkah dalam membangun identitas usaha, serta pengenalan dasar pemasaran digital seperti pemanfaatan WhatsApp Business dan media sosial. Meskipun implementasi fisik dari merek dan logo belum dilakukan hingga akhir kegiatan, pelaku usaha telah memahami secara menyeluruh konsep dasar membangun merek dan menunjukkan kesiapan untuk menerapkannya dalam waktu dekat. Kegiatan ini memberikan kontribusi dalam membangun kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya identitas produk dan strategi pemasaran sebagai faktor kunci dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha produksi makanan tradisional. Hasil kegiatan ini juga dapat dijadikan model pendekatan serupa untuk usaha produksi lain di wilayah lokal. Selama pelaksanaan, pelaku usaha diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya merek dalam meningkatkan daya saing produk, teknik dasar membangun merek dan logo, serta strategi pemasaran digital sederhana seperti penggunaan WhatsApp Business dan media sosial untuk promosi. Meskipun hingga akhir kegiatan merek belum secara fisik diterapkan, pelaku usaha telah menunjukkan pemahaman konseptual yang kuat dan kesiapan untuk mengembangkan identitas produk secara bertahap. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas pelaku usaha dalam memahami strategi pemasaran dan branding menjadi modal awal yang sangat penting bagi perkembangan usahanya ke depan. Kegiatan ini juga memberikan model pendekatan yang dapat direplikasi pada usaha kecil sejenis untuk meningkatkan daya saing lokal.

References

Andhini Mira, dkk. (2025). Strategi Pemasaran Fashion Hijab di Era Gen Z Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Pada Toko Vee Store. Journal Of Islamic Economics. Lampung.

Anna Marina, S. M. (2025). Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Mediagrup.

Ariyanti, E. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tempe di Bekasi. Jurnal Administrasi Bisnis.

Febtrisda, I.M. (2021). Strategi Pemasaran Home Industri Tempe Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi di Masa Pandemi. Jurnal Adibrata. Tanggerang Selatan.

Handoyono, R. D., Deni Kusumawardani, Tri Haryanto, Faisal Fikri, M. Syaikh Rohman, Wahyu Wisnu W., Magdalena Triasih, Fiona lim, & Muhammad Farhan Firdaus. (2024). Improving Institutional Management Of Village Funds In Encouraging The Increase In Goat Farmers’ Productivity In Sumbersawit Village, Sidorejo, Magetan, East Java. AbdIBA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.35449/abdiba.v2i1.908

Ibrahim, M. (2024). SWOT dalam Strategi Pemasaran Usaha Keripik Tempe Mbak El. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Jurnal Manajemen Indonesia (2025). ANalisis SWOT Strategi Penjualan Keripik Tempe Kriuk Temen Melalui E-Commerce.

Keller, k. d. (2022). manajemen pemasaran.

Muslimin. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha UMKM Sederhana. Sultra Journal Of Economic and Business.

Musyarip, A. Q. (2025). Strategi Pemasaran Tempe (Studi kasus pada agroindustri tempe ujang dede di des Pakemitan kecamatan Ciawi kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh.

Nasrullah, et al. (2023). Strategi Pengembangan Usaha UMKM Rumah Tempe di Kota Pontianak menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Untan. Tanjungpura.

Octaviani, W. (2022). Melihat Manfaat dari Pengembangan Ekonomi Hijau di Indonesia. Jakarta: sampaijauh.com.

Palahudin et al. (2025). Optimalisasi Kinerja UMKM Tempe Melalui Skill Manajerial Kewirausahan. Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian.

Putri, T. A. N., Rahmadhani, I. P. D., & Purbowo, P. (2025). Analisis SWOT Pengembangan Usaha Tempe di Desa Tambakberas. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis)

Rusmiyati. (2021). Strategi Pemasaran Agroindustri Tempe di kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Pertanian Terpadu.

Safitri, L. (2024). Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran Tahu Tempe Nurul Madani. Jurnal Dialogika Manajemen dan Administrasi.

Saladdin Wirawan Effendy, Ita, & Pandriadi. (2023). Pendampingan Penerapan Aplikasi Monica Pada Penyaluran Subsidi Tepat Sasaran Pangkalan LPG 3kg Di Kota Palembang (Pendampingan Pangakalan Pt Rizky Putra Adil Gemilang). AbdIBA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.35449/abdiba.v1i1.961

Sari Permata. (2025). Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Tempe Guna Meningkatkan Omset Penjualan di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Sumatera Utara.

Septi, et al. (2024). Optimalisasi Manajemen Produksi dan Pemasaran Tahu Tempe di Lingkungan Industri Kecil Menengah. Jurnal Dehasen Mengabdi. Bengkulu.

Sukoco Hendro, et al. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Adaptasi Strategi Pemasaran UMKM Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen AKuntansi Ekonomi. Purwokerto.

UNPAM PKM Tim. (2022). Strategi Pemasaran Home Industri Tempe Dalam Meningkatkan Kesejahteraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Wahjono, S. I. (2024). Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Mediagrup.

Published
2025-07-02
How to Cite
Ria Astri Yani, Sri Ermeila, & Asma Mario. (2025). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PRODUKSI TEMPE BAPAK SUARDI DI TALANG KERAMAT BANYUASIN SUMATERA SELATAN. AbdIBA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 54-64. https://doi.org/10.35449/abdiba.v2i2.1060