MEMAHAMI NIAT BELANJA LIVE-STREAMING MELALUI GRATIFIKASI KONSUMEN DAN EFEK JARINGAN

  • Lady Universitas Internasional Batam
  • Owen Universitas Internasional Batam
  • Lily Purwianti Universitas Internasional Batam
Keywords: Live-stream, online shopping, kepuasan hedonis, influencer, eksternalitas jaringan, kepuasan utilitarian

Abstract

Belanja melalui live-stream semakin populer, terutama di Asia Tenggara, namun penelitian mengenai niat konsumen dalam konteks ini masih terbatas. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi niat belanja live-stream dengan mengintegrasikan Teori Uses and Gratifications dan persepsi ukuran jaringan. Data dikumpulkan dari 310 responden Indonesia yang memiliki pengalaman belanja live-stream dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer secara signifikan meningkatkan kenikmatan (enjoyment) dan interaksi sosial yang dirasakan, tetapi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap manfaat yang dirasakan (perceived utility). Selain itu, kenikmatan, interaksi sosial yang dirasakan, dan manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh positif terhadap niat belanja live-stream. Analisis mediasi menunjukkan bahwa kenikmatan menjadi mediator signifikan antara pengaruh influencer terhadap niat belanja live-stream. Sebaliknya, interaksi sosial yang dirasakan dan manfaat yang dirasakan tidak memediasi pengaruh tersebut secara signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi platform dan penyelenggara live-stream untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen melalui fitur interaktif dan peran influencer.

Published
2025-06-30
How to Cite
Lady, Owen, & Purwianti, L. (2025). MEMAHAMI NIAT BELANJA LIVE-STREAMING MELALUI GRATIFIKASI KONSUMEN DAN EFEK JARINGAN. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 54-69. https://doi.org/10.35449/jemasi.v21i1.959