ANALISIS DAMPAK PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DAN RASIO-RASIO KEUANGAN

  • Maria Regina Nansi Institut Sains & Teknologi Yogyakarta
  • Ellyawan Setyo Arbintarso Institut Sains & Teknologi AKPRIND
  • Suparni Setyowati Rahayu Institut Sains & Teknologi AKPRIND
Keywords: Pemasaran Online, Omset, Profit, Rasio Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak pemasaran online yang dilakukan oleh UMKM Tahu Sehat Mas Khale pada tahun 2022 dalam upaya untuk meningkatkan omset penjualan dan profit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi baru yakni pemasaran tahu secara online tanpa meninggalkan pemasaran offline yang dilakukan Tahu Sehat Mas Khale di semester kedua tahun 2022 terbukti efektif menaikkan omset penjualan dan profit. Penjualan yang membaik ini membawa dampak positif juga ke rasio-rasio keuangan dan juga efisiensi perusahaan. Pemasaran secara online juga memberikan kemudahan dalam melakukan analisis bisnis karena mampu memberikan data yang sangat akurat. Saran yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah menggalakkan pemasaran online secara massif, meningkatan kemampuan pemasaran online dan pengoperasian e-commerce oleh UMKM, memberikan program-program promosi kepada pelangan, melakukan pengawasan produksi dengan baik agar tidak terjadi gagal produksi, dan bekerja sama dengan paguyuban pengrajin tahu setempat untuk mempertahankan kelangsungan suplai bahan baku kedelai.

 

Published
2023-12-08
How to Cite
Nansi, M. R., Arbintarso, E. S., & Rahayu, S. S. (2023). ANALISIS DAMPAK PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DAN RASIO-RASIO KEUANGAN. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 184-197. https://doi.org/10.35449/jemasi.v19i2.636