MOTIF BELANJA ONLINE PRODUK UMKM MENGGUNAKAN MARKETPLACE SHOPEE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JABODETABEK

  • Effi Indriana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Popy Novita Pasaribu Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Produk UMKM, preferensi marketplace, pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah hampir semua sisi kehidupan manusia. Salah satunya adalah pilihan marketplace dan media sosial untuk berbelanja kebutuhan sehari hari. Penelitian ini ingin menginvestigasi motif yang mempengaruhi penggunaan marketplace terutama Shopee dalam belanja produk UMKM. Motif belanja online produk UMKN terdiri dari Hedonic Motivation (HM), Perceived Utility (PU) dan norma yang terdiri dari Internal Subject Norm (ISN) dan External Subject Norm (ESN) serta dilihat juga apakah motif pandemi covid-19 juga mempengaruhi penggunaan marketplace Shopee belanja online produk UMKM. Untuk keperluan itu kuesioner online disebarkan ke beberapa group WA dan mailing list selama 5 hari di Jabodetabek Hasilnya terkumpul sebanyak 455 responden yang mengisi sesuai dengan data yang diperlukan. Data tersebut dianalisa dengan SPSS untuk mendapatkan analisis deskripsi berdasarkan multiple responses dan analisis binary logistic regression. Khusus untuk analisis binary logistic regression memakai variabel terikat/dependen yaitu pilihan menggunakan marketplace Shopee (Ya = 1, tidak = 0). Hasilnya diperoleh informasi bahwa Shopee merupakan marketplace yang paling banyak dipilih untuk belanja produk UMKM dan faktor ESN yang paling banyak mempengaruhinya.

Published
2022-03-14
How to Cite
Indriana, E., & Pasaribu, P. N. (2022). MOTIF BELANJA ONLINE PRODUK UMKM MENGGUNAKAN MARKETPLACE SHOPEE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JABODETABEK. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(02), 217-233. https://doi.org/10.35449/jemasi.v17i02.482