ONLINE PURCHASE INTENTION: THE IMPACT OF ANIMATED ADVERTISEMENT IN GUNDAM PLASTIC MODEL

  • Arta Widiyasa Putra Sampoerna University
  • Tri Wismiarsi Sampoerna University
Keywords: purchase intention, animated spokesperson advertisement, attitude towards animated advertisement, gunpla

Abstract

Iklan animasi adalah salah satu konsep periklanan paling populer, yang menarik emosi dan perasaan konsumen serta membujuk mereka untuk membeli. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dampak iklan animasi, sikap terhadap iklan animasi dan perilaku pembelian pelanggan. Data dikumpulkan dari 108 responden yang bertempat tinggal di Indonesia dan berusia antara 18 dan 35 tahun. Selain itu, mereka juga harus merupakan pembeli Gunpla jenis apa pun, karena penelitian ini berfokus pada iklan model Plastik Gundam. Metode  pengumpulan data untuk penelitian ini adalah kuesioner survei online, dan juga wawancara tatap muka. Alat ukur yang digunakan untuk pengumpulan data diadopsi dan dimodifikasi dari penelitian terdahulu, dan menggunakan lima skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui validitas dan reliabilitas alat ukur, yang dilanjutkan dengan analisis regresi untuk mngetahui pengaruh variabel bebas dan antara pada variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara iklan animasi dan sikap seseorang terhadap iklan animasi tersebut.  Selain itu, sikap terhadap iklan juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa sikap terhadap iklan merupakan mediator yang signifikan antara iklan animasi dan niat membeli. Namun, iklan animasi tidak mempengaruhi niat membeli secara langsung. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan animasi dalam iklan Gunpla meningkatkan penerimaan dan kesenangan pelanggan terhadap iklan tersebut, serta niat mereka untuk membeli barang yang diiklankan melalui sikap positif terhadap iklan animasi tersebut. Kajian ini mempunyai berbagai implikasi teoritis dalam dunia pemasaran dan periklanan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa iklan animasi yang menggunakan karakter tertentu sangat mampu mengubah sikap konsumen terhadap iklan animasi dengan cara yang baik, sehingga mengarahkan pada niat konsumen untuk membeli.

 

Animated advertising is one of the most popular advertising concepts, appealing to a consumer's emotions and feelings and persuading their intention to purchase. This study investigates the impact of animated spokesperson advertisements, attitudes toward animated advertisements and customer purchasing behaviour. For this study, data were gathered from 108 respondents who are currently residing in Indonesia and fall between the ages of 18 and 35. They must also be buyers of Gunpla of any type, as the study focuses on advertisements from the Gundam Plastic Models sector. The main method of data gathering for this study is an online survey questionnaire and face to face interviews. The measures were adopted and modified from previous studies, used five Likert scale. Data analysis was done for the validity and reliability of the measures and relationships between variables using regression analysis. The results revealed a favourable and positive association between animated spokesperson advertisements and one's attitude about the animated advertisement.  Furthermore, attitude towards advertisement depicts significant impact on consumer purchase intention. These results indicate that attitude towards advertisement is significant mediator between animated spokesperson advertisement and purchase intention. However, animated advertisement does not influence directly the purchase intention. This suggests that using animation in Gunpla advertisement boosted customer acceptance and enjoyment of the advertisement, as well as their intention to purchase the advertised goods through positive attitudes towards the animated spokesperson advertisement. This study has various theoretical implications in the world of marketing and advertising. To begin with, the study's findings reveal that animated advertising using spokes-characters considerably alters the attitude toward the animated advertisement in a good way, which lead to consumers’ intentions to buy.

Published
2025-06-30
How to Cite
Arta Widiyasa Putra, & Wismiarsi, T. (2025). ONLINE PURCHASE INTENTION: THE IMPACT OF ANIMATED ADVERTISEMENT IN GUNDAM PLASTIC MODEL. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 118-132. https://doi.org/10.35449/jemasi.v21i1.1003