PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MELALUI ONLINE CUSTOMER REVIEW DI SALOKA THEME PARK
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi pengaruh daya tarik wisata dan social media marketing terhadap minat berkunjung wisatawan melalui online customer review di Saloka Theme Park. Metode penelitian yang digunakan adalah survei terhadap sampel wisatawan ke Saloka Theme Park melalui online customer review secara online berupa minat berkunjung dan daya tarik wisata. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah menggunakan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang sesuai untuk model reflektif menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0 untuk mengetahui hubungan antar variabel. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis skala likert untuk mengetahui persepsi daya tarik wisata dan social media marketing terhadap minat berkunjung wisatawan melalui online customer review. Hasil dari penelitian ini adalah daya tarik wisata terhadap minat berkunjung wisatawan dan social media marketing terhadap minat berkunjung wisatawan tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan daya tarik wisata terhadap online customer review, social media marketing terhadap online customer review, dan online customer review terhadap minat berkunjung wisatawan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas destinasi, konten promosi, dan ulasan komentar dari wisatawan. Sedangkan pengaruh tidak langsung dari daya tarik wisata terhadap minat berkunjung wisatawan melalui online customer review dan social media marketing terhadap minat berkunjung wisatawan melalui online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan yang artinya memiliki factor yang baik dalam meningkatkan destinasi wisata.