ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Prasetya Tri Mahendra Universitas PGRI Mpu Sindok (UPMS) Nganjuk
  • Hesty Ishmi Ningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk
Keywords: Pemasaran Digital, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek, termasuk dalam bidang kuliner yang semakin banyak inovasi dan minat konsumen. Kuliner merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati karena memiliki prospek yang bagus, saat ini teh menjadi primadona peluang bisnis yang sangat menguntungkan dalam beberapa tahun belakangan ini, dengan menggunakan teh para pelaku bisnis dapat mengembangkan budaya dalam mengkonsumsi teh kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital,  dan citra merek terhadap keputusan pembelian (studi pada Es Teh Indonesia Bojonegoro). Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan dengan fokus pada pemasaran digital dan citra merek terhadap keputusan pembelian, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian di Es Teh Indonesia Bojonegoro. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian menggunakan aplikasi SPSS 26. Metode dalam analisis data menggunakan Uji Instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.

Author Biography

Hesty Ishmi Ningtyas, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk

Management

Published
2024-12-28