BRAND AWARENESS, LOYALTY, DAN INSTAGRAM DALAM PEMBELIAN REXONA DI PALEMBANG

  • Maura Mayangkara Universitas IBA
  • Esty Naruliza
  • Sri Ermeila Universitas IBA
Keywords: Brand Awareness, Brand Loyalty, Keputusan Pembelian

Abstract

Brand Awareness dan Brand Loyalty merupakan faktor yang cukup penting dalam menentukan keputusan pembelian, dalam penelitian ini adalah produk deodorant Rexona di Kota Palembang. Persentasi didapat dari iklan deodorant Rexona di media sosial Youtube dan Instagram sebesar 54% dari responden yang sangat setuju untuk membeli produk deodorant Rexona setelah melihat iklan dari Youtube dan Instagram. Penelitian ini  dibuat untuk menganalisis pengaruh dari Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi mencakup seluruh konsumen perempuan maupun laki-laki dari umur 12 sampai 50 tahun yang memutuskan untuk menggunakan produk deodorant Rexona di Kota Palembang. Besaran sampel yang diambil adalah sebanyak 272 orang dikarenakan populasi tidak terhingga, dengan error level 10% atau 0,1. Dalam pengujian hipotesis yang dilakukan baik secara simultan maupun parsial Brand Awareness berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,788 atau 78,8% dan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 78,8% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Brand Awareness dan Brand Loyalty. Sedangkan 21,2% dari dua variabel, variabel Brand Awareness (X1) sebesar 7,8% dan variabel Brand Loyalty (X2) sebesar 71,0%.

Published
2024-07-02