STRATEGI PELAKU UMKM WISATA MUSEUM SANGIRAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DI ERA NEW NORMAL

  • Prihatiningsih Prihatiningsih UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Ade Yuliar UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: UMKM, New Normal, Upaya Peningkatan Penjualan

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah. Usaha mikro, kecil, dan menengah menjadi salah satu sektor yang paling terdampak di era new normal pasca Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yaitu kegiatan yang dilakukan dengan datang langsung ke lokasi. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif, data diperoleh langsung dari wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil kajian menunjukkan bahwa dampak yang dirasakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah penurunan pendapatan penjualan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dengan membuat strategi yaitu dengan memanfaatkan media sosial dengan bertujuan untuk mempertahankan bisnisnya dengan memperluas area penjualan secara online. Dan upaya lain dilakukan oleh pelaku UMKM di Museum Sangiran agar tidak hanya mengandalkan pendapatkan pengunjung Museum Sangiran adalah dengan memanfaatkan jasa layanan seperti jasa pengiriman melalui perusahaan ekspedisi barang dan aplikasi online layanan pesan antar

Published
2023-12-10