DETERMINAN EFFECTIVE TAX RATE PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI INDONESIA STOCK EXCHANGE TAHUN 2015-2020

  • Rahayu
  • Masfar Gazali FEB, Universitas Trisakti
Keywords: Effective Tax Rate, Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai penetapan tarif pajak efektif pada perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Dalam penelitian ini variabel dependennya adalah tarif pajak efektif, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah leverage, nilai perusahaan, dan profitabilitas. Leverage diukur dengan Debt to Equity Ratio, nilai perusahaan diukur dengan Price to Book Value, dan profitabilitas diukur dengan Return on Assets, dan tarif pajak efektif diukur dengan Tarif Pajak Efektif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 57 perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh peneliti. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 25 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap tarif pajak efektif. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap tarif pajak efektif, nilai perusahaan berpengaruh negatif terhadap tarif pajak efektif dengan nilai signifikansi -0.772283, sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tarif pajak efektif dengan nilai signifikansi sebesar -0,230612

Published
2022-12-08