FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK PEMILIK ONLINE SHOP MARKETPLACE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi, Kualitas Pelayanan, Lingkungan, dan Religiusitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak E-commerce. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan teknik kuesioner dengan metode kualitatif, data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui google form. Populasi dalam penelitian ini merupakan wajib pajak yang memiliki usaha e-commerce yang berlokasi di Jabodetabek. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Sampel dalam penelitian ini sebayak 100 responden. Metode yang digunakan adalah Analisis SEM menggunakan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modernisasi Sitem Administrasi berpengaruh positif terhadap Kepatuhan, Lingkungan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan. Sedangkan Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan.