PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD IBA PALEMBANG
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Sampel penelitian dipilih dengan teknik sampling jenuh yaitu 34 orang guru di SD IBA Palembang. Waktu penelitian Januari-Maret 2021. Data primer diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder melalui dokumentasi dan literature sekolah. Data dianalisis dengan rumus statistik regresi linier sederhana. Hasil analisis diketahui variabel Kompetensi Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Dibuktikan dari thitung > ttabel yakni sebesar 4,400 > 2,369, berarti hipotesis H1 dapat diterima dan Ho ditolak. R (square) 0,377 berarti Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Kinerja guru 37,7%, sedangkan 62,3% kinerja guru dipengaruhi variabel lain misalnya motivasi kerja, sarana prasarana mengajar, kepemimpinan, pelatihan dan pengembangan karir. Koefisien regresi sebesar 0,744, mengindikasikan bahwa kinerja guru dapat ditingkatkan sebesar 74,4% apabila ada peningkatan 1% saja pada kompetensi profesional guru. Misalnya meningkatkan pelatihan dan penyediaan sarana serta prasarana pembelajaran bagi murid dan guru.